Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Jarak Tempat Tinggal Siswa SMK
Abstract
Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kemandirian terhadap hasil
belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa,
(2) menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan
jarak tempat tingga siswal. Jenis penelitian berdasarkan pendekatanya kuantitatif.
Populasi penelitian 146 siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK 1
Muhammadiyah Sukoharjo. Sampel penelitian 107 siswa ditentukan dengan
rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random
sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan regresi dengan variabel dummy. Hasil penelitian, (1)
Ada kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari
fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa (α=0,05). (2) Ada perbedaan hasil
belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa
(α=0,05). (a) Ada perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan fasilitas belajar
lengkap dan jarak tempat tinggal dekat; (b) Ada perbedaan hasil belajar
matematika berdasarkan fasilitas belajar lengkap dan jarak tempat tinggal jauh; (c)
Ada perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan fasilitas belajar tidak
lengkap dan jarak tempat tinggal dekat; dan (d) Ada perbedaan hasil belajar
matematika berdasarkan fasilitas belajar tidak lengkap dan jarak tempat tinggal
jauh.