dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. 2009. “Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jakarta : Rineka Cipta Alimi, Olatunji Sabitu. 2012. “School Types, Facilities and Academic Performance of Students inSenior Secondary Schools in Ondo State, Nigeria“.International Education Studies. Vol.5. No.3. Page 44-48. June 2012. Akbar, Faisal . 2008. “Pengaruh Jarak Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar”. (Artikel online).Didapat dari http://blog-proposal.blogspot.com/2008/11/pengaruh-jarak-tempat-tinggalterhadap_16.html. Internet :Diakses pada 15 Februari 2013.Murwani, Hesty Arya dan Daliman. 2010. Hubungan Antara Persepsi Kualitas Pengajaran Guru Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika. Varia Pendidikan. Vol. 22. No.1. Juni 2010. Muyiwa, Adeyemi. 2012. “Influence of Universal Basic Education (UBE) Facilities on School Learning Environment in Lagos State, Nigeria”.Journal of Education and Practice. Vol. 3. No.2. Page 30-39. 2012. Ndirangu, Mwangi dan Udoto, Maurice O. 2011.“Quality of learning facilities and learning environment”.Quality Assurance in Education Vol.19. 3.Page 1-11.(2011). Owoeye, Joseph Sunday and Philias Olatunde Yara. 2011. “School Facilities and Academic Achievement of Secondary School Agricultural Science in Ekiti State, Nigeria”.Asian Social Science. Vol. 7. No.7.Page 64-74. July 2011. Pujiningsih, Sri dan Rr. Indah Mustikawati. 2004. “Kemandirian Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.III No.1. Hal.12-18 Tahun 2004. Sopiatin, Popi. 2010. “Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa”. Bogor :Ghalia Indonesia. Sulastri, Reni Endang. 2002. “Pengaruh Dosen, Fasilitas, Orang tua dan Kemandirian terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Padang”. Jurnal R&B, 2 (2).Oktober 2002. Sutama. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D”. Surakarta : Fairuz Media. Tahar, Irzan. 2006. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh”. Jurnal Pendidikan dan Jarak Jauh, 7 (2). September 2006. Vuri, D. 2008. “The effect of availability and distance to school on children’s time allocation in Ghana and Guatemala”.Understanding Children’s Work (UCW) Project.Working Paper. January 2008. Yamin, Sofyan, dkk. 2010. “Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda”. Jakarta: Salemba Empat. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kemandirian terhadap hasil
belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa,
(2) menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan
jarak tempat tingga siswal. Jenis penelitian berdasarkan pendekatanya kuantitatif.
Populasi penelitian 146 siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK 1
Muhammadiyah Sukoharjo. Sampel penelitian 107 siswa ditentukan dengan
rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random
sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan regresi dengan variabel dummy. Hasil penelitian, (1)
Ada kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari
fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa (α=0,05). (2) Ada perbedaan hasil
belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa
(α=0,05). (a) Ada perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan fasilitas belajar
lengkap dan jarak tempat tinggal dekat; (b) Ada perbedaan hasil belajar
matematika berdasarkan fasilitas belajar lengkap dan jarak tempat tinggal jauh; (c)
Ada perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan fasilitas belajar tidak
lengkap dan jarak tempat tinggal dekat; dan (d) Ada perbedaan hasil belajar
matematika berdasarkan fasilitas belajar tidak lengkap dan jarak tempat tinggal
jauh. | en_US |