• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (PTK Pada Siswa Kelas Xi A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (1.655Mb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Pamungkas, Megita Dwi
    Masduki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui pemanfaatan software CMTpada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian termasuk PTKkolaboratif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 32 siswa. Penelitibertindak sebagai subjek pemberi tindakan sekaligus pengamat danguru matematikabertindak sebagai pengamat.Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur–unsur yang diketahuimeningkat dari 15,625% menjadi 46,875%,(2) merumuskan masalah matematika meningkat dari21,875% menjadi 46,875%,(3) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah meningkat dari 18,750%menjadi 56,250%(4) menjelaskan hasil dari permasalahan meningkat dari15,625%menjadi 59,375%, (5)menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan lain untuk solusi permasalahan yang adameningkat dari 18,750%menjadi 46,875%, (6)memecahkan masalah dengan banyak alternatif jawabanmeningkat dari 6,250%menjadi 18,750%dan (7)keberanian untuk menemukan solusi baru untuk berbagai permasalahanmeningkat dari 9,375%menjadi 21,875%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan software CMT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa pada materi pelajaran “statistika” di kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3233
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV