dc.contributor.author | Pamungkas, Megita Dwi | |
dc.contributor.author | Masduki | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T01:17:33Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T01:17:33Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | Arvianto, Ilham Rais. 2011. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA)”. Prosiding Seminar Nasional Matematika.Hal.170-179. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniah. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Setyaningsih, Nining dan Slamet HW. 2010. “Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta dalam Menunjang KTSP”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 11, No. 2, Agustus, 2010 :125-142. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Surakarta: Fairuz Media Yuanari, Novita. 2011. “Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan PemecahanMasalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIISMP N 5 Wates Kulonprogo” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Zakaria, Efendi dan Hutkemri Zulnaidi. 2012. “The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students”. The Journal Asian Social Science; Vol. 8, No. 11; 2012. ISSN 1911-2017. E-ISSN 1911-2025. Published by Canadian Center of Science and Education | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-17617-2-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3233 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui
pemanfaatan software CMTpada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK
Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian termasuk PTKkolaboratif. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas XI A Teknik Pemesinan SMK
Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 32 siswa. Penelitibertindak sebagai
subjek pemberi tindakan sekaligus pengamat danguru matematikabertindak
sebagai pengamat.Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data
melalui metode observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur.Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan
triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa yang
dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu
(1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur–unsur yang
diketahuimeningkat dari 15,625% menjadi 46,875%,(2) merumuskan masalah
matematika meningkat dari21,875% menjadi 46,875%,(3) menerapkan strategi
untuk menyelesaikan berbagai masalah meningkat dari 18,750%menjadi
56,250%(4) menjelaskan hasil dari permasalahan meningkat
dari15,625%menjadi 59,375%, (5)menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan
lain untuk solusi permasalahan yang adameningkat dari 18,750%menjadi
46,875%, (6)memecahkan masalah dengan banyak alternatif jawabanmeningkat
dari 6,250%menjadi 18,750%dan (7)keberanian untuk menemukan solusi baru
untuk berbagai permasalahanmeningkat dari 9,375%menjadi 21,875%. Dari
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran
dengan pemanfaatan software CMT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah dan kreativitas belajar matematika siswa pada materi pelajaran
“statistika” di kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | pembelajaran matematika | en_US |
dc.subject | kemampuan pemecahan masalah | en_US |
dc.subject | kreativitas belajar matematika siswa | en_US |
dc.subject | software CMT | en_US |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (PTK Pada Siswa Kelas Xi A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013) | en_US |
dc.type | Article | en_US |