Show simple item record

dc.contributor.authorPamungkas, Megita Dwi
dc.contributor.authorMasduki
dc.date.accessioned2013-07-05T01:17:33Z
dc.date.available2013-07-05T01:17:33Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationArvianto, Ilham Rais. 2011. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA)”. Prosiding Seminar Nasional Matematika.Hal.170-179. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniah. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Setyaningsih, Nining dan Slamet HW. 2010. “Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta dalam Menunjang KTSP”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 11, No. 2, Agustus, 2010 :125-142. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Surakarta: Fairuz Media Yuanari, Novita. 2011. “Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan PemecahanMasalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIISMP N 5 Wates Kulonprogo” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Zakaria, Efendi dan Hutkemri Zulnaidi. 2012. “The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students”. The Journal Asian Social Science; Vol. 8, No. 11; 2012. ISSN 1911-2017. E-ISSN 1911-2025. Published by Canadian Center of Science and Educationen_US
dc.identifier.isbn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3233
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui pemanfaatan software CMTpada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian termasuk PTKkolaboratif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 32 siswa. Penelitibertindak sebagai subjek pemberi tindakan sekaligus pengamat danguru matematikabertindak sebagai pengamat.Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur–unsur yang diketahuimeningkat dari 15,625% menjadi 46,875%,(2) merumuskan masalah matematika meningkat dari21,875% menjadi 46,875%,(3) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah meningkat dari 18,750%menjadi 56,250%(4) menjelaskan hasil dari permasalahan meningkat dari15,625%menjadi 59,375%, (5)menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan lain untuk solusi permasalahan yang adameningkat dari 18,750%menjadi 46,875%, (6)memecahkan masalah dengan banyak alternatif jawabanmeningkat dari 6,250%menjadi 18,750%dan (7)keberanian untuk menemukan solusi baru untuk berbagai permasalahanmeningkat dari 9,375%menjadi 21,875%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan software CMT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa pada materi pelajaran “statistika” di kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpembelajaran matematikaen_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalahen_US
dc.subjectkreativitas belajar matematika siswaen_US
dc.subjectsoftware CMTen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (PTK Pada Siswa Kelas Xi A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record