Prestasi Belajar Geometri Analit Datar Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Ditinjau Dari Gaya Kognitif Tahun Ajaran 2011/2012
View/ Open
Date
2013-05-15Author
Kholid, Muhammad Noor
Setyawan, Ahmad Idris
Pamungkas, Megita Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh gaya kognitif
terhadap prestasi belajar Geometri Analit Datar pada mahasiswa semester III Pendidikan
Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang membandingkan antara
variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
semester III Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 124 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes
prestasi belajar Geometri Analit Datar dan tes gaya kognitif siswa. Uji prasyarat meliputi
uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi
menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan
dengan sel tak sama