Eksperimentasi Pembelajaran Assessment For Learning dan Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Perpaduan Metode Penemuan Dengan Pendekatan Investigasi 97
View/ Open
Date
2013-05-15Author
Kholid, Muhammad Noor
Santoso, Kurniawan Budi
Khasanah, Ummi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-
masing kategori model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3
2.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Polanharjo semester
genap tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster
random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal dan tes prestasi belajar
matematika. Uji coba instrumen meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda,
dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan
uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett. Uji keseimbangan dan uji
hipotesis menggunakan uji student’s t.
Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran
langsung berbasis Assessment for Learning (AfL) memberikan pengaruh lebih baik
terhadap prestasi belajar matematika dibandingkan model pembelajaran yang
menggunakan perpaduan antara metode penemuan dan metode investigasi.