• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (98.18Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Murni, Etika Nomita
    Khotimah, Rita P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator antara lain : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan di akhir tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan di akhir tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan di akhir tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan di akhir tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3245
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV