Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar
matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC
SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah
peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan
kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus.
Hal ini dapat dilihat indikator – indikator antara lain : 1) Memiliki rasa tanggung jawab
sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan di akhir tindakan mencapai 74,1%, 2)
Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan di
akhir tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum
dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan di akhir tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya
diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan di akhir tindakan mencapai 61,29%.
Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan di
akhir tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan
strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar
matematika.