Show simple item record

dc.contributor.authorMurni, Etika Nomita
dc.contributor.authorKhotimah, Rita P
dc.date.accessioned2013-07-05T06:48:31Z
dc.date.available2013-07-05T06:48:31Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationSusilowati, Desi. 2009.” Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1 Gamping dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa”. Skripsi. Yogyakarta. UNY ( Tidak Dipublikasikan). Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.en_US
dc.identifier.isbn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3245
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator antara lain : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan di akhir tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan di akhir tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan di akhir tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan di akhir tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectStrategi pembelajaran siklusen_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjectprestasi belajar matematika.en_US
dc.titleOptimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record