• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (88.90Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Setyono, Dwi
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa, sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 6,35 dengan persentase kesalahan tahap I tergolong tinggi yaitu sebesar 65,16%, persentase kesalahan tahap II tergolong rendah yaitu sebesar 36,13%, persentase kesalahan tahap III tergolong tinggi yaitu sebesar 72,26%, Persentase kesalahan tahap I, II, dan III tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 57.84%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial seluruh tahap masih tergolong cukup tinggi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3247
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV