Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP
Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk
cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini
adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum diadakannya penelitian
terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa,
sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil
analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 6,35 dengan persentase
kesalahan tahap I tergolong tinggi yaitu sebesar 65,16%, persentase kesalahan
tahap II tergolong rendah yaitu sebesar 36,13%, persentase kesalahan tahap III
tergolong tinggi yaitu sebesar 72,26%, Persentase kesalahan tahap I, II, dan III
tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 57.84%. Peneliti menyimpulkan bahwa
tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam
menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika
Sosial seluruh tahap masih tergolong cukup tinggi.