dc.contributor.author | Setyono, Dwi | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T06:57:55Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T06:57:55Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Afifudin, dan Ahmad Saebani, Beni. 2012 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali. Badriyah, Siti, dan Yusuf, Munawir. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai Budiyono. 2008. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia.11(1): 1-8 Jumali, Dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta: UMS Press Mochtar, Buchori. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanicius Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama . 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Depok: Rajagrafindo Persada Winarti, Jakum. 2012. Kajian Pragmatik Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Cerita di SMP Negeri 6 Cilacap. Ekplansia. 6(2): 150-160 | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-17617-2-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3247 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP
Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk
cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini
adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum diadakannya penelitian
terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa,
sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil
analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 6,35 dengan persentase
kesalahan tahap I tergolong tinggi yaitu sebesar 65,16%, persentase kesalahan
tahap II tergolong rendah yaitu sebesar 36,13%, persentase kesalahan tahap III
tergolong tinggi yaitu sebesar 72,26%, Persentase kesalahan tahap I, II, dan III
tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 57.84%. Peneliti menyimpulkan bahwa
tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam
menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika
Sosial seluruh tahap masih tergolong cukup tinggi. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Analisis Kesalahan | en_US |
dc.subject | Soal Cerita Matematika | en_US |
dc.subject | Aritmetika Sosial | en_US |
dc.title | Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial | en_US |
dc.type | Article | en_US |