Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis SMA Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools.
Abstract
Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah dengan pemanfaatan software core. (2) Mendeskripsikan
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pemanfaatan
software core. Jenis penelitian, Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian
yang dikenai tindakan siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan pemanfaatan software core meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah dan komunikasi matematis. (1) Peningkatan kemampuan pemecahan
masalah diamati dari meningkatnya a) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi
unsur–unsur yang diketahui dan ditanyakan kondisi awal 20%, siklus I 40%, dan
siklus II 76,67%, b) merencanakan strategi penyelesaian kondisi awal 13,33%,
siklus I 33,33%, dan siklus II 66,67%, c) menerapkan strategi untuk
menyelesaikan kondisi awal 13,33%, siklus I 20%, dan siklus II 56,67%, d)
menjelaskan hasil dari permasalahan kondisi awal 6,67%, siklus I 16,67%, dan
siklus II 50%. (2) Peningkatan komunikasi matematis diamati dari meningkatnya
a) memahami ide-ide matematis secara lisan kondisi awal 13,33%, siklus I 20%
dan siklus II 66,67%, b) menjelaskan ide, situasi dan relasi matematis secara
tertulis kondisi awal 13,33%, siklus I 16,67%, dan siklus II 53,33%, c)
menjelaskan ide matematis dalam bentuk gambar kondisi awal 6,67%, siklus I
20%, dan siklus II 56,67%, d) menjelaskan konsep melalui lisan, tulisan, dan
gambar kondisi awal kondisi awal 6,67%, siklus I 13,33%, dan siklus II 43,33%