dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Ashar. Prof. Dr. MA. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Handayani, Rini. 2010. “Penerapan Metode Improve dengan Menggunakan Media Komputer untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Kusumaningrum, Novika Trias. 2011. “Peningkatan Keterampilan Pemodelan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC)”. (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ristanto. 2012. “Peningkatan Kedisiplinan dan Kemampuan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Aktif College Ball” (Skripsi S1 Progdi Pendidikan Matematika). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setyaningsih, Nining dan Slamet HW. 2010. “Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta dalam Menunjang KTSP”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 11, No. 2, Agustus, 2010 :125-142. Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Surakarta: Citra Mandiri Utama. Yuanari, Novita. 2011. “Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Wates Kulonprogo” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Zakaria, Efendi dan Hutkemri Zulnaidi. 2012. “The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students”. The Journal Asian Social Science; Vol. 8, No. 11; 2012. ISSN 1911-2017. E-ISSN 1911-2025. Published by Canadian Center of Science and Education. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah dengan pemanfaatan software core. (2) Mendeskripsikan
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pemanfaatan
software core. Jenis penelitian, Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian
yang dikenai tindakan siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan pemanfaatan software core meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah dan komunikasi matematis. (1) Peningkatan kemampuan pemecahan
masalah diamati dari meningkatnya a) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi
unsur–unsur yang diketahui dan ditanyakan kondisi awal 20%, siklus I 40%, dan
siklus II 76,67%, b) merencanakan strategi penyelesaian kondisi awal 13,33%,
siklus I 33,33%, dan siklus II 66,67%, c) menerapkan strategi untuk
menyelesaikan kondisi awal 13,33%, siklus I 20%, dan siklus II 56,67%, d)
menjelaskan hasil dari permasalahan kondisi awal 6,67%, siklus I 16,67%, dan
siklus II 50%. (2) Peningkatan komunikasi matematis diamati dari meningkatnya
a) memahami ide-ide matematis secara lisan kondisi awal 13,33%, siklus I 20%
dan siklus II 66,67%, b) menjelaskan ide, situasi dan relasi matematis secara
tertulis kondisi awal 13,33%, siklus I 16,67%, dan siklus II 53,33%, c)
menjelaskan ide matematis dalam bentuk gambar kondisi awal 6,67%, siklus I
20%, dan siklus II 56,67%, d) menjelaskan konsep melalui lisan, tulisan, dan
gambar kondisi awal kondisi awal 6,67%, siklus I 13,33%, dan siklus II 43,33% | en_US |