Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Mts Ypi Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number
Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yaitu
enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian
adalah siswa kelas VIII D MTs YPI Klambu Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 46 siswa
yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang
digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam
pemecahan masalah matematika dilihat dari rata-rata nilai pada keadaan awal adalah
63,44 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64,37 dan pada siklus II meningkat
menjadi 70,56. Dan dapat dilihat juga dari indikator banyaknya siswa: a) kemampuan
siswa menjawab pertanyaan guru, sebelum tindakan 26,08%, putaran I 32,6%, dan
putaran II 54,32%, b) kemampuan siswa dalam belajar kelompok sebelum tindakan
19,56%, putaran I 28,26%, dan putaran II 52,17%, c) kemampuan siswa
dalam pemecahan masalah matematika dengan pengaplikasian konsep, sebelum tindakan
10,86%, putaran I 15,21%, dan putaran II 26,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan kemampuan
siswa dalam pemecahan masalah matematika.