Show simple item record

dc.contributor.authorAriyanto
dc.contributor.authorPasrianto, Ondhi
dc.date.accessioned2013-07-05T07:05:46Z
dc.date.available2013-07-05T07:05:46Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationAnonim. Theory/penelitian-tindakan-kelashtml. http://www.infoskripsi.com/ Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Briggs & Davis. 2008. Creative Teaching Mathematics in The Early Years & Primary Classrooms. NewYork (USA) : Madison Ave. Chaplin, J.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Herdy, 2009.Model-pembelajaran-nht-numbered-head-together. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22. Diakses 20 September 2011.Herliyanti, Heni Dwi. 2009 : Peningkatan Keaktifan Siswa dalam pembelajaran Matematika melalui pendekatan kooperatif tipe NHT. (Skripsi). Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan). Hudoyo,Herman,1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Surabaya Press. Jhon, Adair. 2008. Kepemimpinan Yang Memotivasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Miles. M. B. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia ( UI – Press). Muhfida. Model-pembelajaran-kooperatif. http://muhfida.com/. Mujibuddakwah. 2009. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Matematika Melalui Pendekatan Deep Dialog pada Siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta. (Skripsi) Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan). Pujiati, Irma. 2008 : Peningkatan Motivasi Dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol I, No. 1 (September 2008): Khazanah Pendidikan. Robbins, Stephen P. 2000. Organizational Behavior. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat Rohanah, Siti. 2008: Upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan lingkaran melalui pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW . (Skripsi) Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan). Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Reseacrh, And Practice. Second Adition. Boston: Allyn and bacon. Soedjadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo. Suherman, E, dkk. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. Sumarmo, 1994. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di kodya Bandung. Laporan penelitian. http://kappa.binus.ac.id/~wikariag0225/Artikel/UtariPaperUpdated.pdf diakses 20 september 2011 Suprisujono, Agus. 2009. Cooperative Learning . Yogyakarta : Pustaka Belajar. Sutama. 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP N 18 Surakarta. Tesis Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UMY. UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung : Citra Umbara Wahyudin. 2008. Pengantar pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka. Wariatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya.en_US
dc.identifier.isbn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3249
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yaitu enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII D MTs YPI Klambu Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dilihat dari rata-rata nilai pada keadaan awal adalah 63,44 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64,37 dan pada siklus II meningkat menjadi 70,56. Dan dapat dilihat juga dari indikator banyaknya siswa: a) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru, sebelum tindakan 26,08%, putaran I 32,6%, dan putaran II 54,32%, b) kemampuan siswa dalam belajar kelompok sebelum tindakan 19,56%, putaran I 28,26%, dan putaran II 52,17%, c) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan pengaplikasian konsep, sebelum tindakan 10,86%, putaran I 15,21%, dan putaran II 26,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectkemampuanen_US
dc.subjectmatematikaen_US
dc.subjectNumber Head Together (NHT)en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Mts Ypi Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record