Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta
melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti
dan guru matematika. Peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan
sekaligus pengamat, guru matematika bertindak sebagai pengamat, sedangkan
siswa kelas X 2 berjumlah 23 siswa bertindak sebagai subjek penerima tindakan.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
menggunakan metode alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode
dan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
treffinger dapat meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati,
yaitu: 1) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam
pemecahan masalah meningkat dari (30,43%) menjadi (73,91%), 2) kemampuan
siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (21,74%)
menjadi (52,17%), 3) kemampuan siswa membuat kesimpulan meningkat dari
(13,04%) menjadi (43,48%), 4) kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan atau
keyakinan meningkat dari (26,09%) menjadi (65,22%), 5) kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan meningkat dari (21,74%) menjadi (56,52%),
6) kemampuan siswa dalam kerjasama atau berbagi pengetahuan meningkat dari
(30,43%) menjadi (78,26%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model treffinger dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta.