dc.identifier.citation | Arvianto, Ilham Rais. 2011. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA)”. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Hal.170-179. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Ploger, Don dan Steven Hecht. 2009. Enhancing Children's Conceptual Understanding of Mathematics Through Chartworld Software. Journal of Research in Childhood Education, Vol. 23, No. 3, pg. 267-277. Pomalato, Sarson W. Dj. 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Model Treffinger. Mimbar Pendidikan, No. 1/XXV, hal.22-25. Pratiwi, Endah. 2012. “Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Treffinger untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Surakarta: Citra Mandiri Utama. Yuanari, Novita. 2011. “Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Wates Kulonprogo” (Skripsi S-1 Progdi Pendidikan Matematika). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta
melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti
dan guru matematika. Peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan
sekaligus pengamat, guru matematika bertindak sebagai pengamat, sedangkan
siswa kelas X 2 berjumlah 23 siswa bertindak sebagai subjek penerima tindakan.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
menggunakan metode alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode
dan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
treffinger dapat meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati,
yaitu: 1) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam
pemecahan masalah meningkat dari (30,43%) menjadi (73,91%), 2) kemampuan
siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (21,74%)
menjadi (52,17%), 3) kemampuan siswa membuat kesimpulan meningkat dari
(13,04%) menjadi (43,48%), 4) kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan atau
keyakinan meningkat dari (26,09%) menjadi (65,22%), 5) kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan meningkat dari (21,74%) menjadi (56,52%),
6) kemampuan siswa dalam kerjasama atau berbagi pengetahuan meningkat dari
(30,43%) menjadi (78,26%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model treffinger dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta. | en_US |