• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012 )

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (91.19Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Nurcahyo, Adi
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode catatan lapangan, metode wawancara dan metode dokumentasi. Tekni analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui dalam analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Siswa senang terhadap guru matematika mengalami peningkatan dari 18,75 % menjadi 70,97 %. 2) Siswa antusias dalam belajar matematika mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 74,19 % . 3) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 80,65 %. 4) Siswa menanyakan materi mengenai materi yang belum jelas mengalami peningkatan dari 15,62 % menjadi 61,29 %. 5) Siswa mengerjakan tugas tepat waktu mengalami peningkatan dari 25 % menjadi 87,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3256
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV