dc.contributor.author | Nurcahyo, Adi | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T07:50:19Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T07:50:19Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | A M, Sardiaman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Majoka, Muhammad. 2010. Student Team Achievement Division (STAD) as an Active Learning Srtategy Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Pakistan: Journal of Education and Sociology, ISSN: 2078-032X, December, 2010, Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Makmun, Abin. 2003. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sagala Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Smith, Mark K,dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka. Subadi, Tjipto. 2011. Inovasi Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Pers UMS. Sukmadinata, Nana S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PBTK. Semarang: Surya Offset. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-140-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3256 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika
siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga
siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu
sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai
subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode tes, metode observasi, metode catatan lapangan, metode wawancara dan
metode dokumentasi. Tekni analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan
selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui dalam analisis data meliputi pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari
penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Siswa senang terhadap guru matematika
mengalami peningkatan dari 18,75 % menjadi 70,97 %. 2) Siswa antusias dalam belajar
matematika mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 74,19 % . 3) Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 80,65 %. 4)
Siswa menanyakan materi mengenai materi yang belum jelas mengalami peningkatan dari
15,62 % menjadi 61,29 %. 5) Siswa mengerjakan tugas tepat waktu mengalami peningkatan
dari 25 % menjadi 87,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan
motivasi belajar matematika. | en_US |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar Matematika | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012 ) | en_US |
dc.type | Article | en_US |