• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (93.72Kb)
    Date
    2012-05-09
    Author
    Putra, Dimas Adila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament.. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Aktivitas siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,625% dan di akhir tindakan mencapai 46,875%, 2) Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 21,875% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 3) Aktivitas siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai 59,375%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3257
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV