dc.identifier.citation | Ahmadi, Abu dan Widodo. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Putra Anonim. 2010. Aktivitas Belajar. http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/11/aktivitas-belajar/. Diakses tanggal 28 Oktober 2011 Istikhomah. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Garis Singgung Lingkaran Melalui Model Pembelajaran Van Hiele. Skripsi. Surakarta: UMS Moleong, Lexy J.2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Maria K. dan Astleitner H. 2006. An Aptitude-Treatment-Interaction-Approach on Motivation and Student’s Self_Regulated Multimedia-Based Learning. Departement of Education Research. University of Salzburg Prihatiningrum, Wahyu. 2011. Peningkatan keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan TPS. Skripsi. Surakarta: UMS Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan madani Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBk. Semarang: CV Citra Mandiri Utama | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa
melalui strategi Go To Your Post. Jenis penelitian adalah tindakan, dengan subyek penelitian 28 siswa
kelas VIID SMP Al Islam I Surakarta. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis interaktif yang terdiri
dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada peningkatan masingmasing
indikator yaitu banyaknya siswa yang : 1) Siap mengikuti pembelajaran sebelum tindakan
28,57%, setelah tindakan 71,42%. 2) Mengerjakan tugas rumah sebelum tindakan 53,57%, setelah
tindakan 82,14%. 3) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,29%, setelah tindakan 64,28%. 4)
Mengemukakan Pendapat sebelum tindakan 14,28 %, setelah tindakan 35,71%. 5 ) Menjawab Pertanyaan
sebelum tindakan 21,41% setelah tindakan 42,85%. 6) Mengerjakan Soal ke Depan Kelas sebelum
tindakan 28,57% setelah tindakan 61,71%. 7) Mendapat nilai di atas KKM sebelum tindakan 39,28%,
setelah tindakan 64,28%. Kesimpulan dari penelitian ini strategi Go To Your Post dapat meningkatkan
motivasi, aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Al Islam I Surakarta. | en_US |