• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA (Analisis Isi dan Aspek Kognitif)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (282.4Kb)
    Date
    2012-05-09
    Author
    Amelia, Dwi
    Murtiyasa, Budi
    Masduki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum nasional merupakan standar acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan menentukan arah kebijakan pengembangan pendidikan. Dengan demikian diperlukan suatu barometer untuk mengidentifikasi ketercapaian standar pendidikan nasional. Dari berbagai metode yang dapat digunakan dalam pengukuran ketercapaian standar pendidikan nasional, Ujian Nasional merupakan metode yang tepat dan efektif. Namun sampai saat ini metode pengukuran ketercapaian standar pendidikan nasional menggunakan Ujian Nasional tersebut belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini menjadi sangat penting dan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek isi, 2) mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa enam aspek isi dalam mata pelajaran Matematika, yaitu: 1) Aljabar, 2) Logika Matematika, 3) Geometri, 4) Statistika dan Peluang, 5) Kalkulus, dan 6) Trigonometri yang tercakup dalam Ujian Nasional tahun 2010 dan 2011 dianalisa dengan menggunakan metode dan prosedur TIMSS Frameworks 2011. Selanjutnya, aspek-aspek kognitif: 1) Pengetahuan, 2) Penerapan, dan 3) Penalaran tidak tersebar merata dalam Ujian Nasional SMA tahun 2010 dan 2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ujian Nasional belum merefleksikan ketercapaian standar pendidikan nasional. Beberapa rekomendasi terhadap implementasi Ujian Nasional menjadi hasil yang penting dari penelitian ini.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3274
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV