dc.contributor.author | Amelia, Dwi | |
dc.contributor.author | Murtiyasa, Budi | |
dc.contributor.author | Masduki | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T09:41:43Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T09:41:43Z | |
dc.date.issued | 2012-05-09 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA. Jakarta. Harta, Idris.2006. Variabel Struktur Soal-soal Penyelesaian Masalah dalam Buku Teks Pelajaran Matematika SMP/MTs. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Tidak Diterbitkan). Moleong, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2008, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi. Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Permendiknas No. 24/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK). Yogyakarta Pusbuk Depdiknas. 2008. Sosialisasi Penilaian Standar Buku Teks Pelajaran 2008 (Periode 1). Solo : Pusbuk-Ikapi Jawa Tengah. Puspendik. 2003. Peringkat SMP dan SMU Negeri Program Studi IPA menurut Matematika Berdasarkan hasil Ujian Nasinal SMU/MA Tahun Pelajaran 2002/2003. Setyaningsih, Nining Dkk. 2010. Pedoman penulisan Skipsi FKIP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rubiyanto, Rubino. 2004. Landasan Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Siswono, Tatag Yuli Eko. 2010 . ” Leveling Students’ Creative Thinking In Solving And Posing Mathematical Problem”. IndoMS. J.M.E Vol.1 No. 1 Juli 2010, pp. 17-40 TIMSS 2003 dan TIMSS 2011 oleh IEA (International Association for the Evaluation of Education achievement) Widiatmika, I Made Agus Ana Dkk. 2008. Ujian Nasional Sebagai Refleksi Dan Implementasi Kurikulum Nasional. Sampoerna Foundation Teacher Institute. Jakarta Wijayanti, Dyana. 2009. ”Analisis Soal Penyelesaian Masalah pada Buku Sekolah Elektronik pelajaran Matematika SMP/MTs”. Skripsi Studi S-1 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Tidak Diterbitkan). Yayasan Adikarya Ikapi. 2007. Publishers’ Forum. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas dan Australia - Indonesia Basic Education Program. Yuyun, Yunengsih Dkk. 2008. Ujian Nasional dapatkah menjadi tolak ukur? Jakarta. http://ebookbrowse.com/adv.php?q=apakah+ujian+nasional+dapat+menjadi+tolak+uk ur+oleh+yuyun www.taksonomi-bloom.wikipedia. Di akses pada tanggal 9 januari 2012. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-140-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3274 | |
dc.description.abstract | Kurikulum nasional merupakan standar acuan untuk meningkatkan mutu
pendidikan nasional dan menentukan arah kebijakan pengembangan pendidikan. Dengan
demikian diperlukan suatu barometer untuk mengidentifikasi ketercapaian standar
pendidikan nasional. Dari berbagai metode yang dapat digunakan dalam pengukuran
ketercapaian standar pendidikan nasional, Ujian Nasional merupakan metode yang tepat
dan efektif. Namun sampai saat ini metode pengukuran ketercapaian standar pendidikan
nasional menggunakan Ujian Nasional tersebut belum pernah dilakukan, sehingga
penelitian ini menjadi sangat penting dan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek isi, 2)
mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek kognitif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa enam aspek isi dalam mata pelajaran
Matematika, yaitu: 1) Aljabar, 2) Logika Matematika, 3) Geometri, 4) Statistika dan
Peluang, 5) Kalkulus, dan 6) Trigonometri yang tercakup dalam Ujian Nasional tahun
2010 dan 2011 dianalisa dengan menggunakan metode dan prosedur TIMSS Frameworks
2011. Selanjutnya, aspek-aspek kognitif: 1) Pengetahuan, 2) Penerapan, dan 3) Penalaran
tidak tersebar merata dalam Ujian Nasional SMA tahun 2010 dan 2011. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Ujian Nasional belum merefleksikan ketercapaian standar pendidikan
nasional. Beberapa rekomendasi terhadap implementasi Ujian Nasional menjadi hasil
yang penting dari penelitian ini. | en_US |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | en_US |
dc.subject | Ujian Nasional | en_US |
dc.subject | Aspek Kognitif | en_US |
dc.subject | Kurikulum Nasional | en_US |
dc.title | Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA (Analisis Isi dan Aspek Kognitif) | en_US |
dc.type | Article | en_US |