• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasanlesson Study pada Jurusan P MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (225.7Kb)
    Date
    2012-05-09
    Author
    Subadi, Tjipto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan program Lesson Study ini mengkaji dan mendeskripsikan : 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran, 4) Kontribusi kolegialitas, 5) Kesiapan belajar mahasiswa, 6) Memperbaiki proses pembelajaran berdasarkan hasil refleksi, 7) Pengembangan media pembelajaran, dan 8) Pengembangan perangkat penilaian. Pelaksanaan Lesson Study di Prodi. Pend. Matematika dan Biologi FKIP UMS tahun 2011 memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan perbaikan mutu dosen, antara lain 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran. Kesimpulan dari program ini adalah 1) Teridentifikasi permasalahan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Matematika dan Biologi dan alternatif solusinya terbangunnya komunitas belajar antar dosen, antar mahasiswa, dan antara mahasiswa dengan dosen, 3) Meningkatkan efektifitas komunikasi akademik dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, 4) Sosialisasi Lesson Study ke fakultas/prodi lain di dalam LPTK penerima hibah dan fakultas/prodi lain di PT lain. 5) Melaksanakan pendampingan Lesson Study di sekolah agar diperoleh model pembelajaran inovatif, 6) Ditemukannya berbagai model pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dan permasalahan pembelajaran di LPTK/sekolah berdasarkan pada kondisi mahasiswa/siswa dan lingkungan kampus/sekolah melalui pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis hands on activity, mind on activity, daily live dan local material, 7) Meningkatnya kemampuan belajar terutama dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik tingkat tinggi, 8) Meningkatnya pemenuhan hak belajar setiap mahasiswa. 9) terbangunnya komunitas profesional antar, dosen dan guru, dan antar guru dalam rangka pengembangan budaya yang berkelanjutan, 10) Terbentuknya jejaring belajar antar LPTK untuk mengembangkan keprofesionalan dalam bidang masingmasing.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3276
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV