Show simple item record

dc.contributor.authorSubadi, Tjipto
dc.date.accessioned2013-07-09T23:18:13Z
dc.date.available2013-07-09T23:18:13Z
dc.date.issued2012-05-09
dc.identifier.citationDikti. 2009. Program Perluasan Dan Penguatan Lesson Study Di Lptk (Lesson Study Dissemination Program For Strengthening Teacher Education In Indonesia – Ledipsti). Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Endang. S. 2011. Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lesson Study Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. (KaPMP Lembaga Penjaminan Mutu Internal UMS). Surakarta. Masduki. 2011. Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lesson Study Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. (KaPMP Lembaga Penjaminan Mutu Internal UMS). Surakarta Saito, E. Imansyah. H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan “Mimbar Pendidikan. No.3. Th. XXIV: 24-32. Saito, E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59. Subadi. T. 2009. Pengembangan Model untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Dalam Jurnal terakreditasi Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18.Nomor 2. November 2009. Malang ________. 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan : Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis). Farius Media Duta Permata Ilmu, Surakarta.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-140-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3276
dc.description.abstractTujuan program Lesson Study ini mengkaji dan mendeskripsikan : 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran, 4) Kontribusi kolegialitas, 5) Kesiapan belajar mahasiswa, 6) Memperbaiki proses pembelajaran berdasarkan hasil refleksi, 7) Pengembangan media pembelajaran, dan 8) Pengembangan perangkat penilaian. Pelaksanaan Lesson Study di Prodi. Pend. Matematika dan Biologi FKIP UMS tahun 2011 memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan perbaikan mutu dosen, antara lain 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran. Kesimpulan dari program ini adalah 1) Teridentifikasi permasalahan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Matematika dan Biologi dan alternatif solusinya terbangunnya komunitas belajar antar dosen, antar mahasiswa, dan antara mahasiswa dengan dosen, 3) Meningkatkan efektifitas komunikasi akademik dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, 4) Sosialisasi Lesson Study ke fakultas/prodi lain di dalam LPTK penerima hibah dan fakultas/prodi lain di PT lain. 5) Melaksanakan pendampingan Lesson Study di sekolah agar diperoleh model pembelajaran inovatif, 6) Ditemukannya berbagai model pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dan permasalahan pembelajaran di LPTK/sekolah berdasarkan pada kondisi mahasiswa/siswa dan lingkungan kampus/sekolah melalui pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis hands on activity, mind on activity, daily live dan local material, 7) Meningkatnya kemampuan belajar terutama dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik tingkat tinggi, 8) Meningkatnya pemenuhan hak belajar setiap mahasiswa. 9) terbangunnya komunitas profesional antar, dosen dan guru, dan antar guru dalam rangka pengembangan budaya yang berkelanjutan, 10) Terbentuknya jejaring belajar antar LPTK untuk mengembangkan keprofesionalan dalam bidang masingmasing.en_US
dc.publisherMuhammadiyah University Pressen_US
dc.subjectLesson Studyen_US
dc.titlePeningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasanlesson Study pada Jurusan P MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record