• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI HIMPUNAN (PTK pada siswa kelas VII Semester Genap SMP Al-Islam 1 Surakarta) Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-ANGKY-(193-203).pdf (89.34Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Angky, Armana
    Ariyanto, Ariyanto
    Masduki, Masduki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar pada pokok bahasan himpunan dalam pembelajaran matematika melalui metode guided note taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Dari hasil penelitian diperoleh 1) Siswa dapat mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 17.9% dan diakhir tindakan mencapai 71.8%, 2) Siswa dapat membedakan contoh dan non-contoh dari konsep himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 20.5% dan diakhir tindakan mencapai 69.2%, 3) Siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 12.8% dan diakhir tindakan mencapai 53.84%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 27.05% dan diakhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 86.48%. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode guided note taking dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan pada siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/331
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV