Show simple item record

dc.contributor.authorAngky, Armana
dc.contributor.authorAriyanto, Ariyanto
dc.contributor.authorMasduki, Masduki
dc.date.accessioned2012-03-08T11:08:13Z
dc.date.available2012-03-08T11:08:13Z
dc.date.copyright
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationAqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yama Widya. Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. , dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Bachman, Edmund. 2005. Metode Belajar Berfikir Kritis dan Inovatif. Terjemahan Bahrul Ulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:Multi Presindo. Kristyawan, Arief. 2009. Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snow Ball. Surakarta: Skripsi, UMS (tidak diterbitkan). Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Prihantoro, Sony. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Strategi TTW (Think-Talk-Write). Surakarta: Skripsi, UMS (tidak diterbitkan). Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Setyowati, Deni. 2005. Usaha Peningkatan Konsep siswa melalui Pendekatan Realistik pada Pokok Bahasan Pecahan. Surakarta: Skripsi, FKIP UMS (Tidak Diterbitkan). Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara Wardani, Inderaswari Asih. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Konstruktifisme Pokok Bahasan Bangun Ruang. Surakarta: Skripsi, UMS (tidak diterbitkan). Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
dc.identifier.isbn978-979-636-131-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/331
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar pada pokok bahasan himpunan dalam pembelajaran matematika melalui metode guided note taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Dari hasil penelitian diperoleh 1) Siswa dapat mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 17.9% dan diakhir tindakan mencapai 71.8%, 2) Siswa dapat membedakan contoh dan non-contoh dari konsep himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 20.5% dan diakhir tindakan mencapai 69.2%, 3) Siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep himpunan sebelum diadakan tindakan sebesar 12.8% dan diakhir tindakan mencapai 53.84%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 27.05% dan diakhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 86.48%. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode guided note taking dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan pada siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.en_US
dc.publisherMUPen_US
dc.titlePENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI HIMPUNAN (PTK pada siswa kelas VII Semester Genap SMP Al-Islam 1 Surakarta) Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record