Teks Dokumen Diri Dan Keluarga Sebagai Media Pembelajaran Model Integrasi IPS ke Bahasa Indonesia
Abstract
Kebijakan pemerintah terkait dengan Kurikulum 2013 menimbulkan
pro dan kontra dari berbagai kalangan. Pro dan kontra harus
disikapi dengan bijak mengingat tujuan adanya perubahan kurikulum
adalah mencapai pendidikan yang lebih baik. Salah satu yang harus
dicermati adalah adanya model integrasi. Integrasi yang dibahas dalam
makalah ini adalah integrasi IPS ke bahasa Indonesia. Secara umum,
tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan
pemanfaatan teks dokumen diri dan keluarga sebagai media
pembelajaran model integrasi IPS ke bahasa Indonesia. Usul strategis
yang ditawarkan dalam makalah ini ada empat. Pertama, foto dan
KK dapat dijadikan sebagai sebagai media pembelajaran dalam
menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan
keluarga. Kedua, surat tanah dan ijazah dapat dijadikan sebagai
media pembelajaran dalam bertanggung jawab terhadap keberadaan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga. Ketiga, buku nikah
dan SIM dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga. Keempat, KTP, akte kelahiran, dan kartu pelajar dapat dijadikan sebagai
media pembelajaran dalam mengungkapkan kegiatan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis. Pemanfaatan teks dokumen diri dan
keluarga sebagai media pembelajaran model integrasi IPS ke bahasa
Indonesia merupakan pemilihan media yang tepat dan mudah
diperoleh.