Show simple item record

dc.contributor.authorHuda, Miftakhul
dc.date.accessioned2013-08-02T07:25:30Z
dc.date.available2013-08-02T07:25:30Z
dc.date.issued2013-07-01
dc.identifier.citationArifin, Zaenal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kemdikbud. 2013. http://www.adelia.web.id/isi-kurikulum- 2013/diakses tanggal 27 April 2013 pukul 18.42 WIB. Kemdikbud. 2013. http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji- publik-kurikulum-2013-3/ diakses tanggal 23 April 2013 pukul 08.00 WIB. Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Cetakan Keempat. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Sufanti, Main. 2012. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pusataka. Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.en_US
dc.identifier.isbn978-979-1032-64-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3355
dc.description.abstractKebijakan pemerintah terkait dengan Kurikulum 2013 menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Pro dan kontra harus disikapi dengan bijak mengingat tujuan adanya perubahan kurikulum adalah mencapai pendidikan yang lebih baik. Salah satu yang harus dicermati adalah adanya model integrasi. Integrasi yang dibahas dalam makalah ini adalah integrasi IPS ke bahasa Indonesia. Secara umum, tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teks dokumen diri dan keluarga sebagai media pembelajaran model integrasi IPS ke bahasa Indonesia. Usul strategis yang ditawarkan dalam makalah ini ada empat. Pertama, foto dan KK dapat dijadikan sebagai sebagai media pembelajaran dalam menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga. Kedua, surat tanah dan ijazah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam bertanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga. Ketiga, buku nikah dan SIM dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga. Keempat, KTP, akte kelahiran, dan kartu pelajar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengungkapkan kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis. Pemanfaatan teks dokumen diri dan keluarga sebagai media pembelajaran model integrasi IPS ke bahasa Indonesia merupakan pemilihan media yang tepat dan mudah diperoleh.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectTeksen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectIntegrasi IPS ke Bahasa Indonesiaen_US
dc.titleTeks Dokumen Diri Dan Keluarga Sebagai Media Pembelajaran Model Integrasi IPS ke Bahasa Indonesiaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record