• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 25 No.1, Juni 2013
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 25 No.1, Juni 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Learning Strategy and Interlanguage Errors: A Case Study of Indonesian Students Learning English As a Foreign Language

    Thumbnail
    View/Open
    7.pdf (41.92Kb)
    Date
    2012-12
    Author
    Darussalam, Hanif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa asing dalam kaitannya dengan kesalahan (error) dalam menggunakan bahasa antar (interlanguage) sebagaimana dipercaya bahwa kesalahan menggunakan bahasa antar merupakan hasil dari mekanisme kognitif atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh pembelajar bahasa asing. Secara khusus penelitian ini mencoba untuk memaparkan beberapa strategi pembelajaran bahasa yang telah menghasilkan kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh pembelajar bahasa Inggris. Data penelitian berupa kalimat yang mengandung kesalahan berbahasa yang diambil dari komposisi yang ditulis pembelajar bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga jenis strategi utama yang digunakan oleh pembelajar bahasa Inggris, yaitu: generalisasi yang berlebihan, transfer bahasa pertama, dan penyederhanaan. Dari ketiga strategi ini, generalisasi merupakan strategi pembelajaran yang dominan digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajar bahasa mengandalkan pengetahuan kebahasaan bahasa target (Inggris) daripada bahasa pertama (Indonesia). Implikasi pedagogis dari penelitian ini adalah bahwa guru bahasa Inggris harus memiliki sikap positif terhadap kesalahan berbahasa (error) karena kesalahan adalah proses yang tidak dapat dihindari dalam proses pembelajaran bahasa asing. Dosen atau guru bahasa Inggris juga harus memberikan pengajaran dan latihan yang bermakna sehingga siswa akan menyadari perbedaan antara bahasa target (Inggris) dan bahasa ibu (Indonesia). Pengetahuan seperti ini akan dapat membantu siswa menghindari kesalahan menggunakan bahasa asing yang dipelajarinya dan mereka dapat mengembangkan sistem interlanguage mereka dengan baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4563
    Collections
    • Volume 25 No.1, Juni 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV