• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Profetika
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Profetika
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Konsep Integrasi Ilmu Ghoyah dan Ilmu Wasilah Dalam Kurikulum Pendidikan di Sekolah (Studi Kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap Tahun 2012-2013)

    Thumbnail
    View/Open
    8.pdf (167.7Kb)
    Date
    2014-06
    Author
    Irawansah, Opi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Studi dalam penelitian ini adalah mengenai konsep integrasi ilmu ghoyah (tujuan) dan ilmu wasilah (sarana) dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, dan mengidentifikasi problem utama dan solusi yang harus dilakukan dalam implementasi integrasi ilmu ghoyah dan ilmu sarana di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Data yang perutertulis berupa buku, dokumen dan majalah yang berkaitan dengan konsep pengintegrasian ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. Sedangkan data yang tidak tertulis didapat dari SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis dalam bentuk verbal dengan interpretasi koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap ada beberapa bentuk yaitu, integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan KBM, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Menurut analisis peneliti, ada beberapa hal yang dapat membantu berjalannya proses integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam beberapa kegiatan di atas, diantaranya adalah: 1. Pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. 2. Adanya kerjasama antara guru dan orangtua dalam megawasi kegiatan peserta didik di luar sekolah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4769
    Collections
    • Volume 15 No. 1, Juni 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV