Show simple item record

dc.contributor.authorIrawansah, Opi
dc.date.accessioned2014-08-27T07:51:28Z
dc.date.available2014-08-27T07:51:28Z
dc.date.issued2014-06
dc.identifier.citationAl-Attas, Muhammad Naquib. 1988. Konsep Pendidikan Islam. Bandung: Mizan. Al-Mayli, Muhsin, 1993. Pergulatan Mencari Islam. Cetakan pertama. Jakarta: Paramadina. Al-Qordhawy, Yusuf, 1997. Pengantar Kajian Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Amir Feisal, Jusuf, 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: Gema Insani Press. Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Yogyakarta: Diva Press. Arikunto, Suharsim. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. (Jakarta: Rineka Cipta, 1992). Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Edisi Pertama. Brosur penerimaan siswa baru tahun ajaran 2013-2014 SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Buku standard operational procedure halaqoh pegawai Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap. Butt, Nasm. 1991. Sains dan Masyarakat Islam. Bandung: Pustaka Hidayah. Cetakan pertama. Data dari Laporan Individu Sekolah Menengah SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap tahun pelajaran 2011/2012. DEPAG RI. 1984/1985. Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Departemen Agama RI.) Departemen Agama RI, 2007. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Departemen Agama RI) Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi ketiga), (Jakarta: Balai Pustaka). Elchos, John M. dan Hasan Shadily. 1976. Kamus Inggris Indonesia. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama). Ibnu Mandzur, (t.trh.). Lisanul ‘Arab, (Kairo:Dar al-Ma’arif). Ilyas, Yunahar dan Muhammad azhar, 1999. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam. Izzuddin Taufiq, Muhammad, 2006. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: Gema Insani Press. Jogiyanto HM, 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi, (Yogyakarta: AND). J. Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya). Jurnal Kajian Islam, al- Insan, Vol.1, No.1, Januari 2005. Kasiram, muhammad. 1998. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum di Kota Malang, (Malang: Jurnal Ilmu Pendidikan No. 2 Jilid V). Kindarto, Sigit. 1999. Langkah Dakwah seorang Hamba: visi dan misi perjuangan H. Ghozi Baasir, (Cilacap:[t.p]) Mahfud, Sahal dkk. 2000. Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karekter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Masykur, Muhammad. 2003. Model Pengembangan Kurikulum PAI di SMU Muhammadiyah Surabaya dan SMU Khadijah Surabaya (Suatu Studi Perbandingan), Tesis, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya). Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin). Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nata, Abuddin dkk. 2005. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nur’aini,Ema. 2008. Upaya Internalisasi Nilai Islam dalam Mata Pelajaran Sains Kelas III di MI Al-Islam Kartasuro, skripsi, (Solo: UMS). Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Edisi Kedua. Rusydie, Salman. 2012. Kembangkan Dirimu jadi Guru Multitalenta. Jogjakarta: Diva Press. Cetakan Pertama. Saifuddin Anshari, Endang, 1989. Kuliah Al-Islam: Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Cetakan Kedua. Jakarta: Rajawali. Sopiah, Efektifitas Pendidikan Agama Islam (Telaah Implementasi Kurikulum Tahun 2004 pada SMA Negeri di Kota Pekalongan), (Disertasi tidak diterbitkan), (Yogyakarta: UIN Kalijaga Yogyakarta, 2009). Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung : Alfabetha, 2009). Sutrisno, Hadi. Metodologi Research I, (Yogyakarta : Andi offset, 1991). Syamsuddin, Ach. Maimun. 2012. Integrasi Multidimensi Agama dan Sains. Jogjakarta: IRCisoD. Edisi Baru. Tafsir, Ahmad. 2002. Srategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.en_US
dc.identifier.issn1411-0881
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4769
dc.description.abstractStudi dalam penelitian ini adalah mengenai konsep integrasi ilmu ghoyah (tujuan) dan ilmu wasilah (sarana) dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, dan mengidentifikasi problem utama dan solusi yang harus dilakukan dalam implementasi integrasi ilmu ghoyah dan ilmu sarana di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Data yang perutertulis berupa buku, dokumen dan majalah yang berkaitan dengan konsep pengintegrasian ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. Sedangkan data yang tidak tertulis didapat dari SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis dalam bentuk verbal dengan interpretasi koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap ada beberapa bentuk yaitu, integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan KBM, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Menurut analisis peneliti, ada beberapa hal yang dapat membantu berjalannya proses integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam beberapa kegiatan di atas, diantaranya adalah: 1. Pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. 2. Adanya kerjasama antara guru dan orangtua dalam megawasi kegiatan peserta didik di luar sekolah.en_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectilmu saranaen_US
dc.subjectilmu tujuanen_US
dc.subjectkonsep integrasien_US
dc.titleKonsep Integrasi Ilmu Ghoyah dan Ilmu Wasilah Dalam Kurikulum Pendidikan di Sekolah (Studi Kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap Tahun 2012-2013)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record