EFEKTIVITAS PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK PENILAIAN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS
Abstract
Indikasi keterlibatan mahasiswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai merebak, namun keterlibatan mahasiswa sampai pada kegiatan penilaian khususnya penilaian formatif dan sumatif belum banyak dilakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas hasil penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif dan sumatif pada pembelajaran mata kuliah analisis kompleks, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Matemtika FMIPA UNNES yang mengikuti perkuliahan mata kuliah Analisis Kompleks pada semester gasal tahun akademik 2010/2011, terdiri dari 2 rombongan belajar (rombel) berjumlah 44 orang. Sampel dipilih secara acak 1 rombel diantara 2 rombel yang ada, terpilih suatu rombel berjumlah 31 orang. Rombel terpilih sebagai sampel dikenai model pembelajaran koopertif, mahasiswa dilibatkan sebagai penilai pada kegiatan penilaian. Uji F pada analisis varian satu jalur dan tenik korelasi digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa teknik penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif memberikan hasil yang efektif, tetapi tidak demikian halnya untuk penilaian sumatif. Teknik penilaian diri atau penilaian teman sejawat dapat diterapkan untuk penilaian formatif. Jika ingin menerapkan kedua teknik penilaian tersebut untuk penilaian sumatif, yakinkan bahwa rubrik penilaian dipahami dengan baik oleh penilai.