Show simple item record

dc.contributor.authorKartono, Kartono
dc.date.accessioned2012-03-19T05:13:44Z
dc.date.available2012-03-19T05:13:44Z
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationDepdiknas. 2008. Penilaian hasil belajar. Dirjen PMPTK. Falchikov, N. & Goldfinch, J. 2000. Student peer assessment in higher education: A meta-analysis comparing peer and teacher marks. Review of educational research, 70 (3), 287-322. Garrison, C. & Ehringhaus, M. 2007. Formative and summative assessments in the classroom. Tersedia pada http://www.nmsa.org/Publications/WebExclusive/Assessment/tabid/pdf. Tanggal 21 Agustus 2010. Haris, L. 2007. Employing formative assessment in the classroom. Improving schools, 10 (3), 249-260. Kartono. 2009. Penilaian diri dan teman sejawat sebagai inovasi metode penilaian dalam pembelajaran kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika,ISBN: 9786028467360, 168-179. Kartono. 2010. Meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis kompleks melalui implementasi model pembelajaran RT-STAD. Proceeding Seminar Nasional, ISBN: 9786029782004, 134-142. Lindblom-ylanne, S., Pihlajamaki, H. & Kotkas, T. 2006. Self-, peer-, and teacher-assessment of student essays. Active learning in higher education, 7 (1), 51-62. Matsuno, S. 2009. Self-, peer-, and teacher-assessments in Jananese unive3rsity EFL writing classrooms. Language testing, 28 91),75-100. Nugraheni, E. 2007. Student centered learning dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Jurnal pendidikan, 8 (1), 1-10. Noonan, B. & Duncan, R. 2005. Peer and self-assessment in high school. Practical Assessment Research & Evaluation, 10 (17), 1-8. Salirawati, D. 1998. Perlunya tes formatif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di jurusan kimia dan di jurusan lain pada umumnya. Cakrawala pendidikan, Edisi khusus dies, 191-201. Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Spiller, D. 2009. Assessment matters: Self-assessment and peer assessment. Tersedia pada http://www.pdfspiller.com/... Tanggal 21 Agustus 2010. Taras, M. 2008. Sumative and formative assessment. Active learning in higher education, 9 (2), 172-192. Tola, B. 2006. Penilaian diri. Pusat Penilaian Pendidikan Badan penelitian dan Pengembangan .Depdiknas Wahab, H. F. A., dkk. 2008. Penggunaan penilaian formatif sebagai proses melengkapkan gelung: satu usaha penembahbaikan. Makalah seminar. Tersedia pada : http:www.pdfchaser.com/, Tanggal 21 Agustus 20 10. Willey, K. & Gardner, A. P. 2007. Investigating the capacity of self and peer assessment to engage student and incease their desire to learn. Willey, K. & Gardner, A. P. 2008. The effectiveness of using self and peer assessment in short courses: Does it improve learning? Proceeding of AaeE conference. Tersedia pada http://www.aaee.com.au/ conferences/papers/2008/aaee08_submission_WLCS.pdf. tanggal 21 Agustus 2010. Xin Ma, Millman, R. & Wells, M. 2008. A self and peer assessment intervention in mathematics content courses for pre-service elementary school teachers. Tersedia pada http://www.unige.ch/ math/ensmath/Rome2008/WG2/Papers/Mamill.pdf. tanggal 21 Agustus 2010.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-131-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/573
dc.description.abstractIndikasi keterlibatan mahasiswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai merebak, namun keterlibatan mahasiswa sampai pada kegiatan penilaian khususnya penilaian formatif dan sumatif belum banyak dilakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas hasil penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif dan sumatif pada pembelajaran mata kuliah analisis kompleks, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Matemtika FMIPA UNNES yang mengikuti perkuliahan mata kuliah Analisis Kompleks pada semester gasal tahun akademik 2010/2011, terdiri dari 2 rombongan belajar (rombel) berjumlah 44 orang. Sampel dipilih secara acak 1 rombel diantara 2 rombel yang ada, terpilih suatu rombel berjumlah 31 orang. Rombel terpilih sebagai sampel dikenai model pembelajaran koopertif, mahasiswa dilibatkan sebagai penilai pada kegiatan penilaian. Uji F pada analisis varian satu jalur dan tenik korelasi digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa teknik penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif memberikan hasil yang efektif, tetapi tidak demikian halnya untuk penilaian sumatif. Teknik penilaian diri atau penilaian teman sejawat dapat diterapkan untuk penilaian formatif. Jika ingin menerapkan kedua teknik penilaian tersebut untuk penilaian sumatif, yakinkan bahwa rubrik penilaian dipahami dengan baik oleh penilai.en_US
dc.publisherMUPen_US
dc.subjectpenilaian dirien_US
dc.subjectteman sejawaten_US
dc.subjectformatifen_US
dc.subjectsumatifen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK PENILAIAN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKSen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record