MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI CALON PENDIDIK KARAKTER BANGSA MELALUI PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah pada mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga sebagai calon pendidik karakter bangsa. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah kapita selekta matematika SLTP semester gasal tahun akademik 2010/2011. Perkuliahan menerapkan metode diskusi kelompok yang dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan belajar untuk hidup bersama. Pemecahan masalah merupakan jantungnya pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Pemecahan masalah matematika merupakan proses mental yang kompleks yang memerlukan visualisasi, imajinasi, manipulasi, analisis, abstraksi, dan penyatuan ide. Langkah-langkah pemecahan masalah matematika yaitu: 1) memahami masalah, 2) memilih strategi pemecahan, 3) menyelesaikan model, dan 4) menafsirkan solusi. Melalui pemecahan masalah matematika, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan yaitu: 1) pemecahan masalah, 2) berpikir terbuka, 3) mengevaluasi, 4) mengkoreksi pendapat atau pemikiran sendiri, 5) tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan, dan 6) mengambil kesimpulan.