• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI CALON PENDIDIK KARAKTER BANGSA MELALUI PEMECAHAN MASALAH

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-SINTA-(29-37).pdf (180.1Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Dewanti, Sintha Sih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah pada mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga sebagai calon pendidik karakter bangsa. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah kapita selekta matematika SLTP semester gasal tahun akademik 2010/2011. Perkuliahan menerapkan metode diskusi kelompok yang dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan belajar untuk hidup bersama. Pemecahan masalah merupakan jantungnya pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Pemecahan masalah matematika merupakan proses mental yang kompleks yang memerlukan visualisasi, imajinasi, manipulasi, analisis, abstraksi, dan penyatuan ide. Langkah-langkah pemecahan masalah matematika yaitu: 1) memahami masalah, 2) memilih strategi pemecahan, 3) menyelesaikan model, dan 4) menafsirkan solusi. Melalui pemecahan masalah matematika, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan yaitu: 1) pemecahan masalah, 2) berpikir terbuka, 3) mengevaluasi, 4) mengkoreksi pendapat atau pemikiran sendiri, 5) tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan, dan 6) mengambil kesimpulan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/591
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV