EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA
View/ Open
Date
2011-07Author
Mahfudy, Sofyan
Budiyono, Budiyono
Sutrima, Sutrima
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar lebih baik, serta untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar pada penelitian ini adalah prestasi belajar matematika yang dibatasi pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua veriabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah instrumen tes dan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Barlett, dan uji keseimbangan dengan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung berbasis AfL menghasilkan prestasi belajar yang sama. (2) Prestasi belajar siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai kreativitas sedang dan rendah, dan prestasi belajar siswa dengan kreativitas sedang lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai kreativitas rendah. (3) Pada pembelajaran dengan pendekatan CTL, prestasi belajar siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas sedang dan rendah, dan siswa yang mempunyai kreativitas sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama. Pada pembelajaran langsung yang berbasis AfL, prestasi belajar siswa sama pada semua kategori. (4) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi, siswa yang diberi pembelajaran CTL lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung berbasis AfL. Pada kategori tingkat kreativitas sedang dan rendah, siswa yang diberi pembelajaran CTL mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung berbasis AfL.