• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment for Learning (AFL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    355_364 SITI FATIMAH.pdf (615.6Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Fatimah, Siti
    Sumardi
    Kholid, Muhammad Noor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori model pembelajaran, tingkat motivasi, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi. Uji coba instrumen tes prestasi meliputi validasi internal, validasi eksternal, dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket motivasi meliputi validasi internal, validasi eksternal, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Barlett. Uji keseimbangan menggunakan uji-t. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh simpulan: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery Learning berbasis Assessment for Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Assessment for Learning. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat motivasi tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat motivasi sedang dan rendah, serta prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat motivasi sedang lebih baik dibandingkan prestai belajar matematika siswa yang mempunyai tingkat motivasi rendah. (3) Siswa dengan tingkat motivasi tinggi, sedang, dan rendah model pembelajaran Discovery Learning berbasis Assessment for Learning memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Assessment for Learning. (4) Model pembelajaran Discovery Learning berbasis Assessment for Learning dan Problem Based Learning berbasis Assessment for Learning prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat motivasi tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat motivasi sedang dan rendah, serta prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat motivasi sedang lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat motivasi rendah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5967
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • The Relationship of Self-Directed Learning Readiness and Learning Motivation Towards Learning Achievement of First Year Medical Students 

      Triastuti, N. Juni (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-08-01)
      Understanding Self-directed learning readiness (SDLR) as internal factors as well as high motivation to learn can certainly be used as a predictor for the success of the learning process, in which it will result in ...
    • Discovery Learning, Inquiry Learning, And Cultural Literacy Development Efforts Of Students In Learning History At School 

      Hamdiyah, Laili Masithoh (Muhammadiyah University Press, 2017-04-04)
      This paper will discuss the application of the method of discovery and inquiry in learning of history and cultural literacy development efforts through such methods. Discovery and Inquiry in principle is about the process ...
    • Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Langkah Penelitian Geografi di Kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo 

      Rahmawat, Erna Mardliyana; Muryani, Chatarina; Sarwono, S (Seminar Nasional GEOTIK 2018, 2018-04)
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning ...

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV