• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUKUL PADA MATERI HIMPUNAN

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-TEGUH-(60-65).pdf (124.7Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Nurcahyono, Novi Andri
    Wibowo, Teguh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan dari bulan November 2010 sampai bulan Mei 2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun 2010/2011 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 63 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes diuji dengan teknik korelasi product moment berdasarkan kriterium, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan  = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t. Dengan  = 0,05 menunjukan tobs = 2,7833 > 1,645 = ttabel sehingga H0 ditolak berarti prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik pada siswa kelas VII untuk materi himpunan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/605
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV