Show simple item record

dc.contributor.authorNurcahyono, Novi Andri
dc.contributor.authorWibowo, Teguh
dc.date.accessioned2012-03-20T07:43:10Z
dc.date.available2012-03-20T07:43:10Z
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationAdi Negoro. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. Dalam http://sobatbaru. blogspot.com. Diakses tanggal 26 Oktober 2010. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukarto. 2010. Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Tukul. Dalam http://id. shvoong.com. Diakses tanggal 24 Oktober 2010. Dimyati dan Mujiono. 2009. Pengertian Metode Ekspositori. Dalam http://sunartombs. wordpress.com. Diakses tanggal 18 November 2010. Wasty Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta. Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-131-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/605
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan dari bulan November 2010 sampai bulan Mei 2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun 2010/2011 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 63 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes diuji dengan teknik korelasi product moment berdasarkan kriterium, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan  = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t. Dengan  = 0,05 menunjukan tobs = 2,7833 > 1,645 = ttabel sehingga H0 ditolak berarti prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Tukul lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Klasik pada siswa kelas VII untuk materi himpunan.en_US
dc.publisherMUPen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Tukulen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Klasiken_US
dc.titleEKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUKUL PADA MATERI HIMPUNANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record