• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa dengan Kedisiplinan dan Pembiasaan

    Thumbnail
    View/Open
    14-Yulia Palupi.pdf (447.2Kb)
    Date
    2014-05-24
    Author
    Palupi, Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tantangan pendidikan saat ini adalah krisis jati diri dan kebangsaan yang tercederai oleh sejumlah perilaku yang bertentangan dengan hakekat pendidikan tersebut. Tantangan bagi dunia pendidikan diantaranya adalah tindakan destruktif, anarkis, yang seolah menjadi pemandangan keseharian kita. Pandangan bahwa bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ramah dan santun sekarang sudah mulai pudar seiring dengan meningkatnya kasus-kasus kekerasan. Patut kita cermati, dinamika tersebut dapat disinyalir sebagai buah dari kegagalan sistem pendidikan nasional dalam membentuk manusia Indonesia menjadi manusia yang berbudi pekerti yang luhur dan kurangnya pendidikan karakter bangsa. Pendidikan karakter dimaknai sebagai cara berfikir dan berperilaku yang unik atau khas tiap individu untuk hidup, bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, sekolah, bangsa, dan negara, agar dapat mandiri dalam hidup dan dapat bersosialisasi di masyarakat. Di dalam pendidikan karakter peranan disiplin dan pembiasaan perilaku yang baik memiliki keterkaitan dan merupakan hubungan yang tidak terpisahkan dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa. Kedisiplinan dan pembiasaan perilaku yang baik dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, tidak tergantung oleh usia, jenis kelamin, keadaan sosial ekonomi masyarakat ataupun pendidikan tertentu. Meskipun setiap peserta didik memilki kemampuan dan kesadaran, tetapi kalau tidak dipupuk dan dikembangkan pada dalam diri mereka, maka yang terjadi adalah peserta didik akan tumbuh dan berkembang tanpa kontrol dan bebas tanpa mengindahkan peraturan dan norma-norma yang berlaku di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakatnya sehingga akan terjadi degradasi moral dan perilaku peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang gagal meneruskan cita-cita bangsa Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6402
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV