Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pengajaran Membaca Melalui Kelompok Baca Siswa dan Role-Play Bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa permasalahan bangsa ini berakar dari ketidakmampuan sistem pendidikan membangun generasi yang berintegritas dan berkarakter baik. Pembelajaran di kelas seyogyanya tidak hanya berfokus pada kecerdasan akademik, akan tetapi hendaknya juga berfokus pada pembentukan karakter siswa. Ada 18 Nilai karakter yang patut ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran di sekolah. Salah satu nilai karakter itu adalah gemar membaca. Nilai karakter ini dapat diimplementasikan secara langsung pada pengajaran membaca di kelas melalui pendekatan yang menarik. Salah satu pendekatan pembelajaran membaca yang cukup menarik adalah dengan membentuk kelompok baca siswa yang digabungkan dengan metode bermain peran (role-play). Melalui pendekatan ini guru diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca pada siswa dan sekaligus dapat menanmkan nilai-nilai karakter yang lain seperti kerja keras, kreatif, mandiri, toleran, bersahabat, bertanggung jawab, atau komunikatif. Makalah ini membahas bentuk pengajaran membaca untuk menanamkan pendidikan karakter melalui kelompok baca siswa dan role-play pada siswa di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Palembang.