• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Korelasi Antara Cfit, Tes Pemahaman, dan Tes Berhitung pada Siswa Kelas XII di Kepulauan Mentawai

    Thumbnail
    View/Open
    26-Firmanto Adi Nurcahyo.pdf (364.1Kb)
    Date
    2014-05-24
    Author
    Nurcahyo, Firmanto Adi
    Suprapto, Maria Helena
    Boeditjahjono, Jophita Hosea
    Putriadi, Gabriela Erika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tes intelegensi merupakan suatu tes yang mengungkap kecerdasan individu. Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang dikembangkan oleh Raymond B. Cattel dirancang untuk mengukur fluid ability atau kemampuan kognitif seseorang yang bersifat herediter. Fluid ability ini didukung crystallized ability yang berkembang saat individu berinteraksi dengan lingkungan, seperti misalnya sekolah, dimana individu belajar untuk memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata maupun angka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara skor hasil CFIT dengan hasil tes pemahaman dan tes berhitung. Subjek sebanyak 521 siswa kelas XII siswa SMA kelas XII di Kepulauan Mentawai. Instrumen yang digunakan adalah CFIT, tes pemahaman (A1), dan tes berhitung (A5). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara hasil CFIT dengan tes pemahaman (r=0.262, p=0.000) maupun CFIT dengan tes berhitung (r=0.387, p=0.000). Tes pemahaman juga memiliki korelasi yang sangat signifikan dengan tes berhitung (r=0.279, p=0.000). Hasil tersebut mengindikasi bahwa seseorang dengan skor CFIT yang tinggi, memiliki skor yang tinggi pula pada tes pemahaman dan tes berhitung, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, hasil CFIT seseorang dapat menjadi indikator dari kemampuan individu dalam memahami hal-hal yang disampaikan melalui kata-kata atau isyarat secara logis dan tepat, serta dalam memahami data angka atau numerik dan menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan angka secara cepat dan cermat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6414
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV