Show simple item record

dc.contributor.authorHidayati, Farida
dc.date.accessioned2015-12-21T02:43:30Z
dc.date.available2015-12-21T02:43:30Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.citationBaumfield, V., Hall, E. & Wall, K. 2011. Action Research in The Classroom: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Berk, L. 2008. Development Through the Lifespan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas. 2010. Rencana Aksi Nasional Karakter Kemendiknas. Jakarta: Depdiknas. Dharmamulya, S. 2005. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta : Kepel Press. Fitri, A.Z. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzzmedia Gunarti, W. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka Herusatoto, B. 2009. Konsepsi Spiritual Leluhur Jawa. Yogyakarta : Ombak Kolberg, L. 1995. Tahap-Tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta : Kanisius Kresna, A. 2012. Mengenal Wayang. Jakarta: Laksana Lickona, T. 2004. Charater Matters. NewYork : Somon & Schuster Megawangi, R. 2007. Semua Berakar Pada Karakter: Isu-Isu Permasalahan Bangsa. Jakarta : Lembaga Penerbitan FE UI Paterson, Christopher & Park Nansook. 2009. Clasification and Measurement Character Strengths: Impilcation for Practices. In Alex Linly & Stephen Josep (eds.). Positive Psychology in Practices. Hobokan: John Weley and Son Inc. Peterson& Seligman, M. E. P. 2004. Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification. Values in Action Institute. Santrock, J. 2007. Perkembangan Anak. Ed: 11., Alih bahasa : Mila Rahmawati, dkk. Jakarta : Erlangga Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo. The American Heritage. 2000. Dictionary of the English Language. 4Th Edition. New York: Houghton Mifflin Company. Tillman, Diane & Soe, Diane. 2004. Living Values Activities for Children 3-7 Tahun. (Terjemahan Adi Respati). Jakarta: Grasindo Gramedia Widya Sarana Indonesia. Wurianto, Arif Budi. Dkk. 2010. Pemanfaatan Potensi Lokal Budaya Intangible Jawa Timur sebagai Dasar Model Pengembangan Content Pendidikan Budi Pekerti dan Softskill Pendidikan Dasar. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6419
dc.description.abstractPendidikan karakter berbasis kearifan lokal adalah pendidikan karakter yang dikembangkan berdasarkan produk kebudayaan masyarakat pendukungnya. Negara Indonesia dengan budaya yang beragam menjadi lebih diuntungkan karena memiliki kekayaan rohani seperti dongeng, dolanan, lagu-lagu daerah, alat musik, dan tata cara hidup. Kearifan lokal ini merepresentasikan sebuah nilai, norma dan perilaku yang dijunjung tinggi serta menjadi sebuah “belief”. Penelitian ini adalah penelitian model pengembangan pembelajaran pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode action riset dengan empat langkah; (1) Persiapan. Tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan realitas lapangan, permasalahan, dan kendala yang ada dengan metode wawancara, diskusi kelompok terarah dan angket. (2) Tindakan, data yang didapatkan dianalisis untuk membuat materi tindakan, skenario, menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, dan pelaksanaan tindakan. (3) Pengamatan, selama proses tindakan peneliti melakukan pengamatan untuk mendapatkan data yang lengkap terkait kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan. (4) Refleksi. Data yang diperoleh dari tahapan pengamatan akan dianalisis untuk mengetahui berbagai hal yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Capaian penelitian ini sampai simulasi model, namun uji empirik belum dilakukan perlu sehingga belum dapat dilaporkan efektifitasnya. Secara kualitatif, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran karakter berbasis kearifan lokal ini mendapat penilaian yang positif dari guru, murid dan masyarakat.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPengembangan Model Pembelajaranin_ID
dc.subjectPendidikan karakterin_ID
dc.subjectKearifan Lokalin_ID
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokalin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record