dc.identifier.citation | Daniels, M. 2005. Dancing with words: signing for hearing children’s literacy. Westport: CT Bergin and Garvey Deasy Pamungkas Sari, Vivi Yosafianti Pohan, dan Shobirun, 2011. Hubungan antara Komunikasi dalam Keluarga dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah di TK Tunas Rimba Demak. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Keperawatan Vol. 1, No. 1 Dyer, Laura. 2009. Meningkatkan kemampuan bicara anak. Jakarta: BIP Kelompok Gramedia Hariyanti, Suci. 2012. Hubungan teknik komunikasi dalam keluarga dengan perkembangan berbahasa anak usia 4- 6 tahun di TK Tebu Ireng MEDAN. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/hubungan- teknik-komunikasi-dalam-keluarga- dengan-perkembangan-berbahasa- anak-usia-46-tahun-di-tk-tebu-ireng-medan-23731.html pada 4 Mei 2015 Hasnerita. 2011. Bahasa bayi. Diakses dari bppsdmk.depkes.go.id/bbpkjakarta /.../bahasa_bayi.pdi pada 4 Mei 2015 Hastuti, 2012. Psikologi Perkembangan Anak. Cetakan 1. Yogyakarta: Penerbit Tugu Judarwanto, Widodo. 2010. Faktor resiko gangguan perkembangan bicara dan bahasa pada anak. Diakses dari http://speechclinic.com/ pada 4 Mei 2015 Manshur, dkk. 2009. Assesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta : Multi Pressindo Mar'at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik suatu pengantar. Bandung : Refika Aditama Meyer, Bernd. 2012. Participation ini multilingual constellations. Chapter 4 In John Benjamins Publishing Company. Johannes Gutenberg- University Mainz Musfiroh, Takdioatun M. 2008. Bercerita untuk anak usia dini. Jakarta : Depdiknas Moeslichatun R, Pd. 2008. Metode Pengajaran di TK. Jakarta : Rineka Cipta Patmonodewo, 2008. Pendidikan Anak Usia Pra Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta Rachmawati, Indria. 2013. Pola komunikasi orang tua terhadap anak. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Schunk, A.H. 2007. The effect of signing paired of receptive vocabulary skills or elementary ESL student. Journal of Music Therapy, 2007 vol. 36;110-124 Septiari, B. 2012. Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua. Yogyakarta: Nuha Medika. Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang anak dan remaja. Jakarta: Sagung Seto Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeksi Sunarto. 2006. Teknologi informasi dan teknologi 2. Jakarta : PT. Grasindo Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspek. Jakarta: Kencana Susanto. 2005. Perkembangan bahasa anak-anak TK. Makalah, Jurusan Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan FIKIP Universitas Negeri Yogyakarta. Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta : Hikayat Zubaidah, Enny. 2011. Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press | in_ID |
dc.description.abstract | Proses perkembangan anak merupakan hal yang penting dalam menyiapkan anak sebagai generasi penerus bangsa. Masa emas kembang bahasa anak sebagaimana perkembangan anak yang lain ialah ketika anak berusia 0-6 tahun (WHO, 2009). Usia toddler (1-3 tahun) adalah usia terpenting yang dalam perkembangannya sangat perlu dipantau karena pada masa ini perkembangan berada pada fase yang sangat cepat (Sujiono, 2009). Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh faktor
intrinsik (dari anak) dan faktor ekstrinsik (dari lingkungan). Faktor intrinsik yaitu kondisi pembawaan sejak lahir termasuk fisiologi dari organ yang terlibat dalam kemampuan bahasa dan berbicara. Sementara itu faktor ekstrinsik berupa stimulus yang ada di sekeliling anak terutama perkataan yang didengar atau ditujuka. Faktor tersebut antara lain bagaimana pola komunikasi orangtua dan berapa bahasa yang dipelajari anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi dan bilingual dengan perkembangan bahasa anak usia todler di KB Aisyiyah Bae Kabupaten Kudus.Jenis Penelitian adalah deskripif korelasi dengan pendekatan crossectional, populasi dalam penelitian ini adalah anak usia todler di KB Aiyiyah Bae Kabupaten Kudus sejumlah 73 anak, dengan teknik populasi menggunakan total populasi. Instrumen yang
digunakan untuk mengidentifikasi pola komunikasi dan bilingual menggunakan kuesioner yang telah di lakukan uji validitas dan reliabilitas. Denver II digunakan untuk menilai perkembangan bahasa anak.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan anatara pola komunikasi orangtua dengan kperkembangan bahasa anak dengan p value 0,005, α=0,05. Terdapat hubungan yang signifikan juga anatara bilingual dengan perkembangan bahasa anak usia todler di KB Aisyiyah Bae Kabupaten Kudus dengan nilai p= 0,016, α=0,05. | in_ID |