• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Paradigma Pendidikan Berpenciri Sebagai Pilar Pendidikan Bereputasi Dalam Menghadapi Tantangan Komputasi-Informasi-Komunikasi Global

    Thumbnail
    View/Open
    38.pdf (308.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Prayitno, Harun Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Studi ini secara umum bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komumikasi-informasi global. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji paradigma dan praksis pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terakhir, mengidentifikasi liku-liku historis empiris pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terkahir, dan merekonstruksi serta merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komunikasi-informasi global. Paradigma dan pendekatan sekaligus analisis yang digunakan dan dikembangkan dalam studi ini adalah reflektif-historis-futuris. Sebuah kajian yang mendasarkan pada evaluasi kristis reflektif introspektif holistik dengan berpijak pada rangkaian pengalaman sejarah untuk merumuskan pengelolaan, pengembangan, dan penyelenggaraan pendidikan masa depan. Pendidikan masa depan yang dikelilingi oleh perkembangan teknologi komputasi-informasi-komunikasi dan tantangan global. Hasil kajian menunjukkan bahwa (a) pendidikan yang berorentasi pada tujuan dan manfaat praksis yang didalamnya lebih mengedepankan pertimbangan akal-kecerdasan menjadi primadona hanya pada zamannya; (b) pendididikan praksis yang hanya berorentasi pada akal kecerdasan tersebut dipahami sebagai pendidikan bereputasi pada zamannya; (c) agama-akal-pengalaman berkehidupan bermasyarakat menjadi pilihan strategis dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan berpenciri; (d) dalam era komputasi-komunikasi-informasi global pendidikan berpenciri dipandang strategis sebagai pilar untuk membangun pendidikan bereputasi, antara lain penyelenggaraan pendidikan yang menggembirakan, penyelenggaraan pendidikan ramah anak, penyelenggaraan pendidikan terpadu, penyelenggaraan pendidikan berpendekatan empiris-induktif-kealamsemestaan, dan/atau penyelenggaraan pendidikan program khusus lainnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7663
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Peningkatan Profesional Dosen dan Guru Sekolah Mitra Melalui Program Perluasan Lesson Study pada Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta 

      Subadi, Tjipto (2013-11-22)
    • Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Lama Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang UU Nomor 5 Tahun 2011 Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta) 

      Andayani, Septiana Wuri; Bawono, Andy Dwi Bayu (Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2018, 2018-06)
      This research aims to examine the effect of the variables of quality motivation, career motivation, economic motivation, education cost, long education, accounting knowledge and knowledge of accounting students regarding ...
    • Peningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasanlesson Study pada Jurusan P MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 

      Subadi, Tjipto (Muhammadiyah University Press, 2012-05-09)
      Tujuan program Lesson Study ini mengkaji dan mendeskripsikan : 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran, 4) Kontribusi kolegialitas, ...

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV