Show simple item record

dc.contributor.authorPrayitno, Harun Joko
dc.date.accessioned2016-10-20T06:13:57Z
dc.date.available2016-10-20T06:13:57Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAli, Muhamad. 2015. “Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan KHA Dahlan”. Disertasi Tidak Dipubikasikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY. Bernadib, Imam. 1994. Filsafat Pendidikan: Pengantar mengenai Sistem dan Metode. Jakarta: Andi Ofset. Dewey, John. 1997. Experience and Education. New Yorks: Simon & Schuster Publisher. Kuntoro, Sodiq A. 2006. “Menelusuri Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia: Peran Pendidikan bagi Integrasi Bangsa”. Dalam Sismono La Ode & Rodhi As’Ad (Ed.). Kearifan Sang Profesor, Bersuku-suku untuk Saling Mengenal. Yogyakarta. UNY Press. Muhadjir, Noeng. 2000. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta. Rake Sarasin. Prayitno, Harun Joko. 2015. “Tindak Kesantunan Berbahasa dalam Dialektika Pembelajaran Pragmatik: Berdaya, Berorientasi, dan Berstrategi Kesantunan Positif” dalam Proseding Seminar Nasional Prasasti PPs UNS. Titus et al. 1984. Persoalan-persoalan Filsafat (Terjemahan Muhammad Rasyidi). Jakarta. Bulan Bintang Press.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7663
dc.description.abstractStudi ini secara umum bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komumikasi-informasi global. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji paradigma dan praksis pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terakhir, mengidentifikasi liku-liku historis empiris pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terkahir, dan merekonstruksi serta merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komunikasi-informasi global. Paradigma dan pendekatan sekaligus analisis yang digunakan dan dikembangkan dalam studi ini adalah reflektif-historis-futuris. Sebuah kajian yang mendasarkan pada evaluasi kristis reflektif introspektif holistik dengan berpijak pada rangkaian pengalaman sejarah untuk merumuskan pengelolaan, pengembangan, dan penyelenggaraan pendidikan masa depan. Pendidikan masa depan yang dikelilingi oleh perkembangan teknologi komputasi-informasi-komunikasi dan tantangan global. Hasil kajian menunjukkan bahwa (a) pendidikan yang berorentasi pada tujuan dan manfaat praksis yang didalamnya lebih mengedepankan pertimbangan akal-kecerdasan menjadi primadona hanya pada zamannya; (b) pendididikan praksis yang hanya berorentasi pada akal kecerdasan tersebut dipahami sebagai pendidikan bereputasi pada zamannya; (c) agama-akal-pengalaman berkehidupan bermasyarakat menjadi pilihan strategis dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan berpenciri; (d) dalam era komputasi-komunikasi-informasi global pendidikan berpenciri dipandang strategis sebagai pilar untuk membangun pendidikan bereputasi, antara lain penyelenggaraan pendidikan yang menggembirakan, penyelenggaraan pendidikan ramah anak, penyelenggaraan pendidikan terpadu, penyelenggaraan pendidikan berpendekatan empiris-induktif-kealamsemestaan, dan/atau penyelenggaraan pendidikan program khusus lainnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpendidikan berpenciriin_ID
dc.subjectpendidikan bereputasiin_ID
dc.subjectpendidikan ramah anakin_ID
dc.subjectpendidikan menggembirakanin_ID
dc.subjectpendidikan berkehidupan bermasyarakatin_ID
dc.subjectpilar pendidikanin_ID
dc.titleParadigma Pendidikan Berpenciri Sebagai Pilar Pendidikan Bereputasi Dalam Menghadapi Tantangan Komputasi-Informasi-Komunikasi Globalin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record