Pengaruh Luasan Bukaan terhadap Kenyamanan Termal Ruang Kelas Siswa Pada Bangunan SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar
View/ Open
Date
2016-12-07Author
Tayeb, Muhammad
Rahim, Ramli
Baharuddin, Baharuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kenyamanan termal dalam ruangan akan meningkatkan produktivitas kerja, tidak terkecuali bagi
ruang kelas yang digunakan sehari-hari oleh murid-murid/siswa-siswa dalam menuntut ilmu. Salah
satu pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mendukung proses belajar mengajar adalah
lingkungan belajar, yang berhubungan dengan kondisi iklim di ruang kelas, yang erat kaitannya
dengan kenyamanan termal.
Bangunan dalam hal ini adalah bangunan sekolah dasar negeri yang menjadi wadah aktivitas belajar
mengajar. Berdasarkan pengamatan peneliti, maka peneliti melakukan penelitian pada salah satu
sekolah SD Negeri Sudirman 1 dengan tujuan mengetahui apakah suhu yang dihasilkan oleh
luasan bukaan yang ada di SD NEGERI SUDIRMAN 1 Kota Makassar telah berhasil menciptakan
kenyamanan termal yang sesuai oleh standar yang berlaku, diantaranya yaitu suhu udara,
kelembaban dan kecepatan angin. Metode pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan dalam
mengumpulkan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Dalam observasi pada
tanggal 4 Mei 2016, menggunakan alat bantu diantaranya LSI-LASTEM Multi Logger, (b) HOBO
data logger, dan (c) HOBO data logger with external sensor dan meteran. Sedangkan untuk metode
pengolahan datanya menggunakan Ms. Excel dan SPSS.21.
Hasil kuesioner menunjukan bahwa sensasi termal semua responden di seluruh ruangan pengamatan
adalah netral. Hasil dari PMV menunjukan perbedaan nilai antara Kelas IV-B dan kelas V-A yaitu
pada kelas IV- (+2,0) dan pada ruang kelas V-A (+2,2), nilai tersebut menunjukan bahwa ruangan
tersebut memberikan sensasi sedikit panas bagi penghuninya sesuai dengan hasil wawancara.