Pembuatan Ruang Pamer 3 Museum Sangiran Menggunakan Teknologi Virtual Reality Berbasis Android
View/ Open
Date
2016-12-07Author
Purnomo, Fendi Aji
Pratisto, Eko Harry
Yasir, Roni Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dipadukan
dengan pendengaran dan pengelihatan yang menghasilkan efek pengguna seakan sedang berada
dalam lingkungan virtual. Pengenalan wisata Museum Sangiran dengan memasukkan materi
kedalam sebuah lingkungan berteknologi VR dapat menjadikan pengenalan semakin menarik serta
visual dan sampai saat ini aplikasi media pengenalan dan informasi wisata Museum Sangiran belum
ada yang menerapkan konsep Virtual Reality dalam pengembangannya. Berdasarkan hal tersebut
maka dibuat aplikasi 3D Virtual Reality Ruang Pamer 3 Museum Sangiran berbasis android. Virtual
ruang pamer 3 Museum Sangiran merupakan lingkungan virtual yang ada di Museum Sangiran
dengan studi kasus di Ruang Pamer 3 yang dikembangkan menggunakan Unity 3D. Metode
pengembangan aplikasi menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) water fall yang
dimulai dari inisialisasi, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil dari
penelitian ini berupa aplikasi Virtual museum Sangiran berbentuk file .apk yang dapat dijalankan
pada perangkat android dengan dukungan sensor gyroscope. Virtual Reality Ruang Pamer 3 Museum
Sangiran diharapkan mampu menciptakan gambaran visual terhadap salah satu ruang yang ada di
Museum Sangiran, sehingga dapat dijadikan sebagai media perkenalan wisata dan juga sebagai
sarana informasi yang interaktif. Minimum perangkat untuk menjalankan aplikasi ini adalah prosesor
Quad-core 1.2 GHz, 512GB RAM dan dukungan sensor gyroscop.