Tangki (Fuel Tank) Bahan Bakar Gas Untuk Sepeda Motor: Sebuah Studi Numerik
View/ Open
Date
2016-12-07Author
Premono, Agung
Syaefudin, Eko Arif
Febriyanto
Wardoyo
Wirawan, Riza
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain tangki sepeda motor bahan bakar gas (BBG)yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan sepeda motor. Penelitian ini juga diharapkan
dapat menjawab penggunaan tangki sepeda motor gas yang tetap mengedepankan ergonomis, juga
keamaan (safety factor) yang sesuai dengan standard yang telah ditetapkan. Desain tangki gas dibuat
dengan material baja AISI 1045 dengan ketebalan 4 mm. Pengujian eksperimental dilakukan secara
numerik menggunakan metode elemen hingga dengan uji statik linier. Tekanan yang diberikan
memiliki tiga variasi yaitu 54,5 Psi, 77,9 Psi, dan 91,4 Psi. Besaran suhu menyesuaikan tekanan kerja
berdasarkan persamaan gas ideal. Hasil pengujian untuk tangki sepeda motor bagian atas dengan
ketebalan dinding 4 mm menghasilkan data maksimum untuk menerima tekanan/pressure maksimal
yang diberlakukan yaitu 91,4 Psi dalam suhu 43,3 °C dengan Safety Factor 4,1 , von misses maksimal
1.278e+008 mm, dan displacement maksimum 2.878e-001 mm. Sedangkan pada bagian bawah
menghasilkan Safety Factor 4,3 , von misses maksimal 1.230e + 008 mm, dan displacement
maksimum 1.767e-001 mm