dc.contributor.author | Premono, Agung | |
dc.contributor.author | Syaefudin, Eko Arif | |
dc.contributor.author | Febriyanto | |
dc.contributor.author | Wardoyo | |
dc.contributor.author | Wirawan, Riza | |
dc.date.accessioned | 2017-01-16T01:07:26Z | |
dc.date.available | 2017-01-16T01:07:26Z | |
dc.date.issued | 2016-12-07 | |
dc.identifier.citation | Achmad, S. (2015). Desain Sliding Bridge Sebagai Sebagai Solusi Peningkatan Pelayanan Transjakarta. [Skripsi]. Jakarta : Fakultas Teknik-UNJ. D, j. (2004). biblio. Jakarta, bandung: works. Dahlan, P. (2012). Elemen Mesin 1. Jakarta: Citra Harta Prima. Darmadi, Djarot.(2003). STATIKA STRUKTUR 1. Malang: Brawijaya. ETSAP. (2010). Automotive LPG and Natural Gas Engines”, Technology Brief T03 Fritz. (1997). Novel Design and Optimization of Vehicle's Natural Gas Fuel Tank. Thesis Paper. Japan : Ohaio Univ. Handoyo, Singgih & Sudibyo, Dudi. (2011). AVIAPEDIA Ensiklopedia Umum Penerbangan. Jakarta: Kompas. Hutahaean, Yamses Rohanes. (2014). Mekanika Kekuatan Material. Yogyakarta: Graha ilmu. Ken, H. (2006). Prinsip - prinsip Dasar Teknik. Jakarta: Erlangga. Kramer. (2006). write. jakarta: works. Nasution, I. (2012). STATIKA 1. Bandung: ITB. R.R. Saraf, S.S.Thipse and P.K.Saxena. (2009). Comparative Emission Analysis of Gasoline/LPG Automotive Bifuel Engine”, International Journal of Civil and Environmental Engineering 1:4. M.A. Ceviz_, F. Yu¨ ksel. (2006)”Cyclic variations on LPG and gasoline-fuelled lean burn SI engine”, Renewable Energi 1950–1960. | in_ID |
dc.identifier.issn | 1412-9612 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8150 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain tangki sepeda motor bahan bakar gas (BBG)yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan sepeda motor. Penelitian ini juga diharapkan
dapat menjawab penggunaan tangki sepeda motor gas yang tetap mengedepankan ergonomis, juga
keamaan (safety factor) yang sesuai dengan standard yang telah ditetapkan. Desain tangki gas dibuat
dengan material baja AISI 1045 dengan ketebalan 4 mm. Pengujian eksperimental dilakukan secara
numerik menggunakan metode elemen hingga dengan uji statik linier. Tekanan yang diberikan
memiliki tiga variasi yaitu 54,5 Psi, 77,9 Psi, dan 91,4 Psi. Besaran suhu menyesuaikan tekanan kerja
berdasarkan persamaan gas ideal. Hasil pengujian untuk tangki sepeda motor bagian atas dengan
ketebalan dinding 4 mm menghasilkan data maksimum untuk menerima tekanan/pressure maksimal
yang diberlakukan yaitu 91,4 Psi dalam suhu 43,3 °C dengan Safety Factor 4,1 , von misses maksimal
1.278e+008 mm, dan displacement maksimum 2.878e-001 mm. Sedangkan pada bagian bawah
menghasilkan Safety Factor 4,3 , von misses maksimal 1.230e + 008 mm, dan displacement
maksimum 1.767e-001 mm | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Tangki sepeda motor | in_ID |
dc.subject | Komposit | in_ID |
dc.subject | Metode Elemen Hingga | in_ID |
dc.subject | Safety Factor | in_ID |
dc.title | Tangki (Fuel Tank) Bahan Bakar Gas Untuk Sepeda Motor: Sebuah Studi Numerik | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |