Show simple item record

dc.contributor.authorPremono, Agung
dc.contributor.authorSyaefudin, Eko Arif
dc.contributor.authorFebriyanto
dc.contributor.authorWardoyo
dc.contributor.authorWirawan, Riza
dc.date.accessioned2017-01-16T01:07:26Z
dc.date.available2017-01-16T01:07:26Z
dc.date.issued2016-12-07
dc.identifier.citationAchmad, S. (2015). Desain Sliding Bridge Sebagai Sebagai Solusi Peningkatan Pelayanan Transjakarta. [Skripsi]. Jakarta : Fakultas Teknik-UNJ. D, j. (2004). biblio. Jakarta, bandung: works. Dahlan, P. (2012). Elemen Mesin 1. Jakarta: Citra Harta Prima. Darmadi, Djarot.(2003). STATIKA STRUKTUR 1. Malang: Brawijaya. ETSAP. (2010). Automotive LPG and Natural Gas Engines”, Technology Brief T03 Fritz. (1997). Novel Design and Optimization of Vehicle's Natural Gas Fuel Tank. Thesis Paper. Japan : Ohaio Univ. Handoyo, Singgih & Sudibyo, Dudi. (2011). AVIAPEDIA Ensiklopedia Umum Penerbangan. Jakarta: Kompas. Hutahaean, Yamses Rohanes. (2014). Mekanika Kekuatan Material. Yogyakarta: Graha ilmu. Ken, H. (2006). Prinsip - prinsip Dasar Teknik. Jakarta: Erlangga. Kramer. (2006). write. jakarta: works. Nasution, I. (2012). STATIKA 1. Bandung: ITB. R.R. Saraf, S.S.Thipse and P.K.Saxena. (2009). Comparative Emission Analysis of Gasoline/LPG Automotive Bifuel Engine”, International Journal of Civil and Environmental Engineering 1:4. M.A. Ceviz_, F. Yu¨ ksel. (2006)”Cyclic variations on LPG and gasoline-fuelled lean burn SI engine”, Renewable Energi 1950–1960.in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8150
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain tangki sepeda motor bahan bakar gas (BBG)yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan sepeda motor. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjawab penggunaan tangki sepeda motor gas yang tetap mengedepankan ergonomis, juga keamaan (safety factor) yang sesuai dengan standard yang telah ditetapkan. Desain tangki gas dibuat dengan material baja AISI 1045 dengan ketebalan 4 mm. Pengujian eksperimental dilakukan secara numerik menggunakan metode elemen hingga dengan uji statik linier. Tekanan yang diberikan memiliki tiga variasi yaitu 54,5 Psi, 77,9 Psi, dan 91,4 Psi. Besaran suhu menyesuaikan tekanan kerja berdasarkan persamaan gas ideal. Hasil pengujian untuk tangki sepeda motor bagian atas dengan ketebalan dinding 4 mm menghasilkan data maksimum untuk menerima tekanan/pressure maksimal yang diberlakukan yaitu 91,4 Psi dalam suhu 43,3 °C dengan Safety Factor 4,1 , von misses maksimal 1.278e+008 mm, dan displacement maksimum 2.878e-001 mm. Sedangkan pada bagian bawah menghasilkan Safety Factor 4,3 , von misses maksimal 1.230e + 008 mm, dan displacement maksimum 1.767e-001 mmin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherFakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectTangki sepeda motorin_ID
dc.subjectKompositin_ID
dc.subjectMetode Elemen Hinggain_ID
dc.subjectSafety Factorin_ID
dc.titleTangki (Fuel Tank) Bahan Bakar Gas Untuk Sepeda Motor: Sebuah Studi Numerikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record