Implementasi Pendidikan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Lulusan Berkarakter di Universitas PGRI Madiun
Date
2017-05-24Author
Wihartanti, Liana Vivin
Andriani, Dwi Nila
Sari, Novita Erliana
Metadata
Show full item recordAbstract
Kendala yang dihadapi sekarang ini dan masa yang akan datang adalah
membentuk mahasiswa yang berkarakter dan dapat diterima dalam dunia kerja.
Dalam hal ini Kemampuan pendidik dalam menempatkan pendidikan karakter
sebagai sesuatu kekuatan bangsa yang berbasis kearifan lokal di Universitas
PGRI Madiun menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun
bangsa. Kearifan lokal dibangun dari nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi dalam
struktur sosial masyarakat dan memiliki fungsi sebagai pedoman, pengontrol, dan
rambu-rambu untuk berperilaku dalam berbagai dimensi dalam kehidupan. Oleh
karena itu, dosen harus mampu merancang program pembelajaran dengan
memperhatikan ranah afektif sebagai salah satu karakteristik manusia.
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan pendidikan nasional. Pada Pasal 1, Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa di antara tujuan
pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki
kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini Peningkatan lulusan
pendidikan ekonomi yang berkarakter merupakan sebuah tujuan yang diharapkan
oleh universitas PGRI Madiun, terutama pada program studi pendidikan ekonomi
dan pendidikan akuntansi.